TUTORIAL BLACKBERRY





**CARA MENGUBAH BAHASA INDO DI BLACBERRY **

Tak ada yang memungkiri bahwa keberadaan Blackberry di Indonesia sudah sangat menjamur. Sehingga Indonesia boleh jadi merupakan salah satu pangsa pasar terbesar RIM di Dunia. Tak heran jika kini banyak Blackberry banyak yang berasal dari luar masuk ke dalam negeri. Salah satu cirri yang mudah dilihat adalah dengan tidak adanya bahasa Indonesia pada handset tersebut. Nah kali ini mari kita simak salah satu cara mudah dan cepat mengubah bahasa Indonesia pada ponsel Blackberry anda :
1. Siapkan kabel data yang terdapat dalam paket blackberry anda
2. Nyalakan computer anda
3. Jalankan program blackberry master control (Mcp)
4. Hubungkan blackberry ke computer dengan kabel data, tuggu sampe MCP memdeteksi pin BB
5. Klik COD/JAD
6. Setelah tampil layar yang menampilkan beberapa file, lalu block/ ambil semua file yang berformat COD, kemudian KLIK OPEN
7. Biarkan proses penulisan data ke ponsel
8. Jika semua file tadi sudah masuk ke ponsel, maka akan muncul window (plese wait)
9. Tunggu beberapa saat hingga Blackberry terinstall bahasa Indonesia, jika sudah terinstall maka Blackberry anda akan merestart sendiri.
10. Nah proses pengisian bahasa Indonesia ke dalam blackberry sudah selesai.
11. Setelah itu Putuskan sambungan kabel data dari blackberry anda.
12. Congratulation…!! Kini Blackberry anda sudah terinstall bahasa Indonesia.
Semoga Bermanfaat 

**CARA AKTIVASI BLACKBERRY MESSENGER** 

"Bagi anda yang punya Blackberry, pastinya harus bisa memanfaatkan fitur Blackberry Messennger atau yg sering disebut BBM, kamu bisa kirim pesan gratis ke sesama pengguna Blackberry", bebas kapan saja selama BB anda masih hidup atau on line.

Tentu saja, BBM hanya bisa digunakan gratis setelah pengguna mendaftarkan diri ke salah satu paket data yang disediakan provider. Nggak gratisan dong..!!  he..he..
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan BBM anda yang menggunakan kartu Telkomsel.

Cara paling gampang mengaktifkan BBM dan semua fasilitas yang didukung Blackberry adalah
:
  1. Hubungi *363#. Anda akan segera disuguhi beberapa pilihan. 
  2. Reply saja pilihan yang muncul dengan cara mengetikkan nomor urut pilihan  tersebut. 
  3. Ikuti petunjuknya, hingga selesai. Gampang. 
  4. Pulsa pun akan terpotong sesuai pilihan BIS (Blackberry Internet Service) yang diambil.
  5. Restart Blackberry anda, dan selesai.
Anda akan melihat beberapa icon tambahan di Blackberry anda. BBM anda juga otomatis ter-aktivasi.

Info lanjut coba
lihat disini.

Jika anda menggunakan XL, anda cukup hubungi *123# dan pilih
Internet/Blackberry.

Semoga bermanfaat.
**CARA INSTAL APLIKASI DI BLACKBERRY**
Cara Instal Aplikasi di BlackBerry - Cara Instal aplikasi secara offline di blackberry - Sesuai dengan judulnya Cara instal aplikasi  blackberry secara offline, berikut ini saya akan  mecoba menjelaskan bagaimana cara menginstal aplikasi secara offline pada blackberry, berikut langkah langkahnya :
1. Download offline instalernya melalui komputer, sebagai contoh : Jingu Smileys Premium 1.4.2
2. Kemudian ekstrak file Jingu Smileys Premium 1.4.2.rar (klik kanan Extract Here)
3. Setelah itu sambungkan blackberry ke komputer dengan menggunakan kabel data 
4. Lalu copykan file Jingu Smileys Premium 1.4.2 yang telah di ekstrak tadi kedalam blackberry.
5. Nah sekarang kita berpindah ke blackberry, masuk ke file (blackberry) dan cari dimana anda mengcopykan file Jingu Smileys Premium 1.4.2 tadi
6. Setelah ketemu, klik file yang berekstensi jad (JinguSmileysPremium.jad) dan kemudian pilih download (proses download terjadi di dalam file blackberry jadi tidak menggunakan koneksi bis) tunggu hingga proses selesai.
 
 **ISTILAH DALAM BBM (BLACKBERRY MESSENGER)**
Istilah-istilah dalam BlackBerry Messenger - Istilah dan singkatan dalam BlackBerry Messenger - Istilah umu dalam dunia per-BlackBerry-an. Bagi pengguna baru BlackBerry, tidak heran jika masih sering bingung jika menemukan kata-kata singkatan dari teman chat. Ini wajar, karena sebagai pengguna baru belum banyak tahu tentang istilah-istilah umum yang sering digunakan dalam bbm (blackberry messenger). Kali ini saya akan share ke teman-teman semua tentang istilah-istilah dalam bbm ini.

1. DP (Display Picture), yaitu Foto Profil BBM atau gambar profil BlackBerry Messenger.
2. BM (BlackBerry Message), yaitu Chat BBM atau pesan pribadi yang hanya terjadi pada dua orang tidak lebih dan bukan chat didalam obrolan group.
3. PM (Personal Message), yaitu status Profil BBM, sama halnya status di facebook.
4. Invite, yaitu mengirimkan permintaan untuk menjadikan sebagai contact BBM.


5. Delcont (Delete Contact), yaitu menghapus salah satu contact bbm.
6. Gadeliv / GDLV (Gak Delivered) / Deelay / Pending, yaitu Chat BBM yang tertunda, atau belum terkirim.
7. Ping Me (PING!!! saya), yaitu permintaan untuk mengirimkan PING!!!, ini fasilitas dari BBM sama hal nya seperti BUZZ di Yahoo Messenger.
8. BC (Broadcast), yaitu Mengirimkan pesan siaran keseluruh contact BBM, fasilitas ini biasanya sering digunakan sebagai cara untuk mempromote contact teman yang baru menggunakan BB dengan tujuan agar diinvite oleh banyak user.
9. Share, yaitu membagikan tau membroadcast ulang sebuah info.
10. BIS (BlackBerry Internet Service), Untuk penjelasan silahkan lihat DISINI.
11. BBM (BlackBerry Messenger), kalo yang ini gak tau KEBANGETAN.

Cukup Sekian istilah-istilah atau singkatan yang sering digunakan dalam BBM, Jika ada informasi tentang BBM lainnya akan segera update, atau jika sobat mempunyai istilah baru, silahkan di share di kolom komentar, atau jika ingin mengetahui istilah-istilah gaul di dunia maya silahkan klik DISINI.
Semoga Bermanfaat.
**CARA MENGATASI SMS DI BLACKBERRY 70 KARAKTER**
Cara Mengatasi SMS BlackBerry cuma 70 Character bukan 160 Character - Aneh, saat akan menulis dan mengirim SMS di Blackberry, ternyata jumlah karakter per SMS Cuma 70 Karakter, padahal kan umumnya di setiap handphone bahkan di BB milik teman, satu SMS itu terdiri dari 160 karakter. Apakah Blackberry ini error atau bagaimana?
 
SMS di Blackberry cuma 70 karakter disebabkan karena pengaturan Data Coding di SMS menggunakan UCS2 bukan 7-bit. So, solusi sederhana untuk mengatasi masalah karakter SMS Cuma 70 tidak 160 sebenarnya cukup mudah yakni tinggal mengganti Data Coding SMS dari UCS2 ke 7-Bit.
 
Masuk ke menu SMS atau Text Messages, selanjutnya tekan menu Blackberry dan pilih Option. Skrol ke bawah sampah Anda menemukan  Data Coding. Kemudian rubah dari UCS2 ke 7-Bit jangan lupa untuk menyimpan pengaturan yang sudah kita buat tadi.
Bagaimana??? mudah bukan.
**BIS (BLACBERRY INTERNET SERVICE)** 
BlackBerry Internet Service ( BIS ) merupakan layanan provider pengguna smartphone BlackBerry dengan akses ke browsing internet, memungkinkan pesan email, pesan instan menggunakan BlackBerry Messenger layanan, dan banyak lagi. Layanan ini juga memungkinkan pengguna untuk mengakses POP3 , IMAP , dan Outlook Web App ( tidak melalui Exchange ActiveSync ) account email tanpa terhubung melalui BlackBerry Enterprise Server (BES). Layanan ini biasanya ditetapkan melalui penyedia layanan telepon selular, meskipun Research In Motion (RIM) (pengembang BlackBerry) benar-benar menjalankan layanan ini. Layanan ini menggunakan dorongan milik RIM teknologi (berbeda dengan SyncML berbasis teknologi mendorong seperti Funambol ) ke perangkat BlackBerry melalui operator selular. BIS mengambil email dari server mail dengan polling sebuah POP3 atau IMAP server dan menawarkan kemampuan sinkronisasi tambahan, seperti kalender atau kontak untuk beberapa penyedia webmail.
**CARA MENGATASI BLACKBERRY PENDING DELAY** 
Dibawah ini akan saya paparkan cara mengatasi bbm (Blackberry Messenger) lemot, cara mengatasi bbm delay, cara mengatasi bbm pending, cara mengatasi bbm nyangkut, mengatasi blackberry gemini lemot atau apalah. jadi buat sobat yang makai BBM dan sangat lambat, perhatikan Cara Mengatasi BBM (Blackberry Messenger ) Lambat berikut ini, Terkadang Blackberry Messenger (BBM) mengalami eror. Masalah yang terjadi tidak bisa mengirim pesan (send atau deliver) kedaftar kontak BBM yang ada. ternyata kendala ini dialami oleh sebagian pengguna pada saat yang bersamaan, walaupun sudah di "PING BBM" Email delivery dan setup hingga copot baterai Blackberry masih juga eror.


Jika terjadi Cara Mengatasi BBM (Blackberry Messenger ) Lambat/Lemot, biyasanya pengguna melakukan PING atau meminta kawan untuk PING BBM untuk melancarkan jalannya BBM. Tentu hal seperti itu tudak benar, karena PING digunakan apabila pengguna BBM yang kita tuju tidak membalas atau mungkin belum membaca BBM dari anda. sehingga anda dapat melakukan PING untuk mengingatkan mereka. Fungsinya sama seperti BUZZ pada Yahoo Messenger.

Berikut ini langkah-langkah Cara Mengatasi BBM (Blackberry Messenger ) Lambat:

1. Lakukan pendaftaran Blackberry, pilih option > Advance option > Host Routing Table > Pilih 510 ID {51001030} (kemungkinan nomer bisa beda sedikit), Selanjutnya Tekan menu (Tombol BB) > Pilih Register Now > Pilih OK

2. Lakukan Diagnostic Test pilih Option > Mobile Network > Selanjutnya tekan menu (Tombol BB) pilih > Diagnostic Test > Selanjutnya tekan Menu (TOmbol BB) > Pilih RUN Tunggu hingga selesai (complete).

jika muncul tulisan "Your Device is in UMA mode-cannot RUN Test" berarti ada pengaturan yang tidak sesuai. Untuk mengatasinya, kembali ke Mobile setting option > Conection Preference ubah menjadi "mobile network preferred" karena jiika pengaturan "wifi preferred" akan muncul eror seperti tadi.

**CARA MENGGANTI PIN BLACKBERRY**


Dibawah ini akan saya paparkan cara mengatasi bbm (Blackberry Messenger) lemot, cara mengatasi bbm delay, cara mengatasi bbm pending, cara mengatasi bbm nyangkut, mengatasi blackberry gemini lemot atau apalah. jadi buat sobat yang makai BBM dan sangat lambat, perhatikan Cara Mengatasi BBM (Blackberry Messenger ) Lambat berikut ini, Terkadang Blackberry Messenger (BBM) mengalami eror. Masalah yang terjadi tidak bisa mengirim pesan (send atau deliver) kedaftar kontak BBM yang ada. ternyata kendala ini dialami oleh sebagian pengguna pada saat yang bersamaan, walaupun sudah di "PING BBM" Email delivery dan setup hingga copot baterai Blackberry masih juga eror.


Jika terjadi Cara Mengatasi BBM (Blackberry Messenger ) Lambat/Lemot, biyasanya pengguna melakukan PING atau meminta kawan untuk PING BBM untuk melancarkan jalannya BBM. Tentu hal seperti itu tudak benar, karena PING digunakan apabila pengguna BBM yang kita tuju tidak membalas atau mungkin belum membaca BBM dari anda. sehingga anda dapat melakukan PING untuk mengingatkan mereka. Fungsinya sama seperti BUZZ pada Yahoo Messenger.

Berikut ini langkah-langkah Cara Mengatasi BBM (Blackberry Messenger ) Lambat:

1. Lakukan pendaftaran Blackberry, pilih option > Advance option > Host Routing Table > Pilih 510 ID {51001030} (kemungkinan nomer bisa beda sedikit), Selanjutnya Tekan menu (Tombol BB) > Pilih Register Now > Pilih OK

2. Lakukan Diagnostic Test pilih Option > Mobile Network > Selanjutnya tekan menu (Tombol BB) pilih > Diagnostic Test > Selanjutnya tekan Menu (TOmbol BB) > Pilih RUN Tunggu hingga selesai (complete).

jika muncul tulisan "Your Device is in UMA mode-cannot RUN Test" berarti ada pengaturan yang tidak sesuai. Untuk mengatasinya, kembali ke Mobile setting option > Conection Preference ubah menjadi "mobile network preferred" karena jiika pengaturan "wifi preferred" akan muncul eror seperti tadi.



MIG33 BB

Setting koneksi mig33 Blackberry buat yg kesulitan konek app mig33 via ponsel blackberry, bisa menggunakan setting APN Operator manual

1. Download dan install aplikasi mig untuk Blackberry

2. Buka Blackberry ke ‘Options’, buka ‘Advanced Options’ dan pilih ‘TCP’. dan masukan kode APN operator. (indosat, telkomsel, dll)


Setting APN Indosat


APN: indosatgprs
User: indosat
Pass: indosat
Proxy: 10.19.19.19
Port: 8080
Homepage: http://wap.indosat.com


atau


Profile Name
User name : gprs
APN : http://www.indosat-m3.net
Password : im3
Gateway IP : 010.019.019.019
Homepage : http://wap.m3-access.com
Data Bearer : GPRS
Proxy port number : 9201 atau 8080



Setting APN Telkomsel


• Connection Name : APN Telkomsel
• Data Bearer : GPRS
• Access Point Name : telkomsel
• Username : wap
• Prompt Password : No
• Password : wap123
• Authentication : Normal
• Homepage : http://wap.telkomsel.com
• WAP Gateway IP Address : 10.1.89.130
• Port : 9201 (standard), 8000 (prox



Setting GPRS kartu 3

Data Bearer : GPRS
Access point name : 3gprs
User name : 3gprs
Password : 3gprs
Home : http://wap.three.co.id
Phone IP Address : Automatic
Proxy Server Address : 10.4.0.10
Proxy port number : 3128



Setting GPRS kartu XL


* APN ( Access Point Name ) XL GPRS : http://www.xlgprs.net * Username : xlgprs
* Password : proxl
* Proxy address : 202.152.240.050 port 8080


Note: untuk update settingan APN GPRS terbaru bisa cek diweb resmi operator
 




Categories: ,
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Label